Home » » 8 Manfaat Wijen Untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Wijen Untuk Kesehatan Tubuh


8 Manfaat WijenUntuk Kesehatan Tubuh – Assalamualaikum sobat Dum-may? Mungkin bagi sobat yang suka makan onde-onde sudah tidak asing lagi dengan wijen. Yap, wijen yang mempunyai nama latin Sesamum indicum merupakan tumbuhan yang konon berasal dari Afrika dan biasanya tumbuh di kawasan beriklim tropis.

Di beberapa negara wijen dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap untuk makanan. Contoh saja Jepang, yang mencampurkan wijen ke dalam saus shabu-shabu atau di taburkan di atas irisan sushi. Orang Cina biasanya mencampurkannya ke dalam sup dan Indonesia yang paling umum kita temukan pada makanan onde-onde. Namun tahukan sobat selain bermanfaat untuk bahan pelengkap makanan , ternyata wijen mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, apa saja manfaat itu cekidot :

1.  Menurunkan kolesterol
Ternyata sebagian besar kandungan biji wijen adalah lemak tak jenuh tunggal oleat (Omega 9), lemak tak jenuh ganda (Omega 6), dan linoleat (Omega 3) yang ketiganya mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. karena kandungan inilah wijen dapat dikonsumsi oleh siapa saja, bahkan orang yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi.

2.  Meringankan sesak nafas
Wijen juga merupakan sumber mineral seng, sebuah penelitian mengungkapkan bahawa apabila seseoarang kekurangan seng maka aktivitas sel darah merah akan menurun 40% dan ini mengakibatkan sesak nafa.

3.  Mengusir pegal-pegal
Ini masih berkaitan dengan mineral seng. Dengan meniral seng yang cukup akan membantu mengusir asam laktat dari otot yang biasanya menumpuk setelah kita berolahraga. Nah, bagi yang suka pegel-pegel silahkan mengkonsumsi wijen..

4.  Mencegah kanker
Tanpa disadari ketika kita mengkonsumsi wijen kita telah berbuat untuk mencegah kanker ini karena di dalam biji wijen mengandung asam fitat.

5.  Mencegah osteoporosis
Mengkonsumsi wijen dapat mencegah osteoporosisi (pengeroposan tulang) ini dikarenakan di dalam wijen mengandung kalsium, jadi sering makan onde-onde ya.. hehehe

6.  Mengurangi tenakan darah tinggi
Karena di dalam biji wijen ini juga terkadung magnesium dan kita tahu bahwa magnesium merupakan zat yang dapat mengurangi tekanan darah rendah. So, buat sobat yang punya tetangga yang mengalami tenakan darah tinggi silahkan saja disarankan mengkonsumsi wijen,..

7.  Memperbanyak air susu ibu
ASI merupakan makan pokok bayi yang berumur 0-6 bulan, terus bagaimana caranya, biji wijen ditambah kencur lalu digiling hingga halus. Letakkan ramuan itu di atas kelenjar susu yang sedang berfungsi.

8.  Mengobati demam dan sakit kepala
Apabila ada tetangga sobat yang demam atau sakit kepala, ambil daun wijen lalu giling sampai halus kemudian oleskan di atas dahi..

Demikian sedikit artikel yang saya tulis, semoga bisa menambah wawasan sobat Dum-may semua, dan terima kasih sudah mau mampir di buguk ane...

2 comments:

  1. Saya dulu pernah gampang alergi... Trus disuruh banyak konsumsi jajan yg mengandung biji wijen... Alhamdulillah rada mendingan hasilnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga bisa sembh mas, g kambh lagi.. :D

      Delete