Home » » Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign - Banyak alasan mengapa seseorang ingin mengudurkan diri dari pekerjaan yang selama ini dia tekuni. Mungkin ada yang mendapat kerjaan baru dengan jabatan yang lebih baik dan gaji yang lebih tinggi, tidak kuat dengan ritme kerja yang ada, bos yang galak dan semena-mena, pengen nyari suasana baru, dan masih banyak lagi alasan seseorang ingin resign dari kerjaannya.


Kalau kita bekerja pada individu, untuk mengundurkan diri mungkin kita cukup bicara secara langsung pada majikan kita. Terus bagaimana kalau kita kerja di sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan? Tentunya kita tidak bisa seenaknya keluar begitu saja, kita butuh yang namanya Surat Pengunduran diri, karena kita masuk secara baik-baik maka kita ingin keluar juga harus baik-baik juga donk?... Sobat ngga’ mau kan nama baik sobat ternodai hanya gara-gara hal sepele ini, dan takutnya malah ini bisa berdampak buruk di tempat kerja sobat yang baru..

Namun ternyata masih banyak yang bingung cara membuat surat pengunduran diri, karena di sekolah paling sering disuruh membuat surat lamaran kerja bukan sebaliknya. Terus bagaimana surat pengunduran diri yang baik dan benar? Kalau sobat sudah bisa membuat surat lamaran kerja sudah barang tentu bisa membuat surat pengunduran diri, karena formatnya sama Cuma kalimatnya saja yang perlu ada perubahan. Namun ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan :
  • Gunakan bahasa yang sopan, jelas, padat, dan singkat.
  • Usahakan jangan menyebutkan asalan mengapa sobat mengundurkan diri
  • Berikan ucapan terima kasih baik pada perusahaan atau rekan kerja.
Dan berikut ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri 1
Blora, ......................................

Kepada Yth,
......................................................
......................................................
......................................................

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya sebagai .................. PT ......................, berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang-undang Tenaga Kerja, maka dari itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : .........................
Departemen : .........................
Jabatan : .........................
No. Karyawan : .........................

Bermaksud mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Antam Tbk. tertanggal .................... dengan alasan ........................................................... Saya harap perusahaan memahami kondisi dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikianlah surat pengunduran diri, terima kasih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


( ..........................................)

Contoh Surat Pengunduran Diri 2

Blora, ..................................

Kepada Yth,
......................................................
......................................................
......................................................

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : .........................
No. KTP : .........................
Alamat  : .........................
No. Induk Karyawan : .........................
Jabatan : .........................
Departemen : .........................

Dengan ini mengajukan pengunduran diri sebagai Karyawan PT. ..................................... Pengunduran diri ini saya ajukan karena ................................................. Pengunduran diri ini mulai berlaku sejak tanggal ditandatanganinya surat ini.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan, kepercayaan, serta bimbingan yang telah diberikan kepada saya, khusunnya kepada Manajemen PT. .................... dan segenap karyawan.

Mohon kiranya Manajemen PT. .......................................... mengabulkan pengunduran diri saya ini.

Homat saya,
 
(.........................)
Namun perlu diingat, sebelum sobat benar-benar mengundurkan diri, cobalah dipertimbangakan kembali keputusan sobat ambi, lebih-lebih kalau di tempat kerja sobat sekarang hubungan dengan temen kerja atau bossnya sudah sangat baik. Kan sayang, kalau pindah.

Demikianlah sedikit yang bisa ane share buat sobat, semoga si tempat kerja yang baru sobat bisa mendapatkan apa yang sobat cita-citakan. Semoga bermanfaat, apabila ada kritik atau sekedar saran, silahkan sobat tulis di kolos komentar. Sekian.!

3 comments: