Home » » 6 Cara Mencegah Nyeri Pinggang

6 Cara Mencegah Nyeri Pinggang


6 Cara Mencegah Nyeri Pinggang - Assalamualaikum sobat Dum-may, selamat malam semoga dalam keadaan baik. Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan sehingga saya bisa sedikit menulis artikel tentang cara mencegah nyeri pinggang, penyakit yang biasanya sering menyerang mereka yang sudah menikah hehehehe...

Mungkin hampir setiap orang pernah merasakan nyeri pinggang. Nyeri pinggang bawah atau istilah kedokterannya disebut low back pain adalah nyeri yang terasa di daerah pinggang bagian bawah. Biasanya nyeri pinggang ini dikeluhkan oleh orang yang usianya di atas 20 tahun yang kerjaannya sering mengangkat berat, duduk lama, kelebihan berat badan. Terus bagaimana cara mencegah agar kita terhindar dari nyeri pinggang. Berikut adalah tip-tipnya buat sobat..

Hindari Duduk Terlalu Lama
Jika pekerjaan sobat mengharuskan banyak duduk, coba sobat lakukan selingan sebentar dengan berdiri kemudian jalan-jalan setelah satu jam duduk.

Duduk dengan Posisi Benar
Bagaimana posisi duduk yang benar itu? mungkin sobat juga sudah tau, yaitu duduk dengan posisi punggung lurus, lutut sedikit lebih tinggi dari panggul. Usahakan punggung jangan terlalu membungkuk ke depan atau miring ke kiri atau kanan, karena itu bisa menyebabkan nyeri pinggang.

Hindari Kegemukan
Hayo yang hobinya makan atau ngemil, dikurangin ya... Karena tubuh yang terlalu gemuk menyebabkan punggung bekerja ekstra keras untuk menopangnya. untuk menghindari kegemukan usahakan rutin berolahraga.

Posisi Badan Tegak Saat Mengangkat Beban
Bila sobat yang ingin mengangkat beban yang berat, usakahakan jangan membungkuk langsung mengangkatnya karena hal ini bisa membuat pinggang cedera.

Olahraga Teratur
Silahkan sobat melakukan olahraga yang tidak membebani pinggang contohnya jalan, berenang, bersepeda ataupun beranang, nah saat olahraga juga jangan terlalu diforsir lakukan sesuai dengan kemampuan sobat.

Pola Hidup Sehat
Penerapan gaya hidup sehat ini sangat perlu sobat lakukan contonya hindari alkohol, kurangi merokok atau makan makanan yang banyak mengandung lemak dan asam urat tujuannya agar memperlambat pengapuran tulang belakang. Dan usahakan penuhi kebutuhan kalsium sobat. hehehe

Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat buat sobat semua, terima kasih sudah berkunjung di blog saya..

0 comments:

Post a Comment