Home » » 4 Tips Mencegah Pengeroposan Tulang / Osteoporosis

4 Tips Mencegah Pengeroposan Tulang / Osteoporosis


4 Tips Mencegah Pengeroposan Tulang / Osteoporosis - Alhamdulillah sob kita berjumpa lagi walaupun hanya dalam sebuah artikel singkat, semoga sobat semua dalam keadaan baik, Aminnn. Dalam kesempatan yang baik ini saya akan sedikit memberi tips kesehatan yaitu cara mencegah pengeroposan tulang / osteoporosis.

Osteoporosis atau yang biasa disebut pengeroposan tulang merupakan penyakit tulang dimana tulang kehilangan kepdatan sehingga tulang menjadi rapuh, kebanyakan penyakit osteoporosis ini menyerang perempuan. Berdasarkan artikel-artikel yang saya baca di dumay (dunia maya) Osteoporosis ini dibedakan menjadi 3 :

  • Osteoporosis primer (Osteoporosis postmenopausal), penyebabnya adalah karena kekurangan hormon esterogen (hormon utama perempuan) dan bisanya menyerang perempuan yang usianya berkisar antara 51-75 tahun.
  • Osteoporosis sekunder (Osteoporosis senilis), Penyebabnya adalah kekurangan kalsium, dan biasanya ini menyerang orang yang usianya sudah lanjut.
  • Osteoporosis anak (Osteoporosis juvenil idiopatik), Nah kalau ini agak repot berdasarkan infomasi yang saya cari di dumay, ternyata osteoporosis jenis yang terakhir ini tidak diketahui penyebabnya..

Nah, terus bagaimana agar kita bisa menghambat terjadinya osteoporosis pada tulang kita, berikut yang mungkin bisa sobat lakukan..

Makan makanan yang bergizi
Angka kecukupan kalsium yang dianjurkan di Indonesia adalah 500 - 800 mg per orang perhari. Sedangkan untuk perempuan yang berusia lanjut disaran pada kisaran 1.000 mg/hari. Dan untuk mencukupi kalsium sobat bisa mengkonsumsi susu, sayuran hijau, buah-buahan, tahu, tempe dan juga makan laut.

Jangan Sembarangan Diet
Bagi sobatnita nih, diet boleh saja namun sobat juga harus memperhatikan asupan kaslsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah kalau dientnya ko' ternyata banyak meninggalkan makan yang mengandung kalsium alangkah baiknya itu ditinggalkan saja, demi kesehatan sobat semua.

Raji Olahraga
Supaya tulang sobat kuat serta memiliki massa kepadatan tulang (dentis) sebaiknya sobat rajin berolahraga. paling tidak sehari jalan kaki 30 menit untuk menjaga kesehatan tulang sobat.

Lakukan Tes Massa Tulang
Kalau yang satu ini, agak repot juga bagi sobat yang rumahnya plosok kaya' saya. Tapi ini juga perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi tulang sobat. Tapi tenang aja sobat pemeriksaan ini dianjurkan bagi orang yang usianya 50 tahun ke atas.

Semoga apa yang saya tulis bisa menambah pengetahuan sobat tentang penyakit osteoporosis dan bagaimana cara mencegahnya.. Terima kasih dah mau mampir di blog saya...

0 comments:

Post a Comment